LAUNCHING GUGUS TUGAS PENGAWASAN DAN PEMANTAUAN PEMBERITAAN, PENYIARAN DAN IKLAN KAMPANYE PEMILU 2019

10-10-2018    17:00:00 Dibaca : 154 x

kpujakarta.go.id. KPU Provinsi DKI Jakarta bersama Bawaslu Provinsi DKI Jakarta dan Komisi Penyiaran Provinsi DKI Jakarta melaksanakan Launching Gugus Tugas Pengawasan dan Pemantauan, Pemberitaan, Penyiaran dan Iklan Kampanye Pemilu 2019 Provinsi DKI Jakarta. Kegiatan ini sebagai tindaklanjut dari Keputusan Bersama Bawaslu RI, KPU RI, Komisi Penyiaran RI dan Dewan Pers. Diterbitkannya keputusan bersama ini dimaksudkan untuk mewujudkan penyelenggaraan Pemilu 2019 yang berasaskan langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil, serta untuk memberikan perlakuan dan ruang yang sama kepada peserta pemilihan umum.

Kegiatan launching yang dilangsungkan pada hari Rabu, 10 Oktober 2018 di Jakarta ini dihadiri oleh Pimpinan Partai Politik peserta Pemilu 2019 tingkat Provinsi, Calon Anggota DPD dan masing-masing lembaga yang membuat kesepakatan bersama, kecuali dari Dewan Pers, karena Dewan Pers hanya ada di tingkat pusat saja, sedangkan di tingkat provinsi dan kabupaten/kota tidak terdapat Dewan Pers. Dalam gugus tugas pengawasan ini Bawaslu DKI Jakarta ditunjuk sebagai leader.

“Hanya 3 institusi saja yang hadir dalam kegiatan ini, karena tingkat provinsi tidak ada Dewan Pers.” Demikian kata M. Jufri, Ketua Bawaslu DKI dalam kata sambutannya.

Dalam kesempatan tersebut Ketua KPU Provinsi DKI Jakarta, Betty Epsilon Idroos menyampaikan bahwa ada 203 hari masa berkampanye, karenanya diharapkan seluruh partisipan Pemilu 2019 memanfaatkan waktu tersebut untuk menyampaikan program, visi dan misinya dalam berkampanye. Dengan menyampaikan kampanye yang baik akan menarik pemilih untuk datang ke TPS-TPS untuk memberikan suaranya, sehingga akan meningkatkan tingkat partisipasi masyarakat dalam pemilu.

Dalam sambutannya Ketua KPU Provinsi DKI Jakarta, Betty Epsilon Idroos mengatakan KPU RI telah memberikan target partisipasi masyarakat yang harus diraih dalam Pemilu 2019 nanti. “77,5% target yang diberikan untuk partisipasi pemilih dalam Pemilu 2019 nanti. Mudah-mudahan dengan peran serta lembaga penyiaran dan media massa dalam menyampaikan informasi Pemilu dapat membantu mencapai target tersebut.” Demikian terang Betty.

Ketua KPI Provinsi DKI Jakarta, Kawiyan menyampaikan bahwa KPI bertekad untuk bersama-sama mewujudkan Pemilu 2019 yang demokratis, jujur, adil dan proporsional kepada seluruh peserta pemilu, baik partai politik, DPD maupun Presiden dan Wakil Presiden.

Sedangkan Ketua Bawaslu RI Nabhan yang juga hadir dalam kegiatan ini menyampaikan bahwa MoU dari 4 lembaga tersebut diharapkan bisa efektif dalam pengawasan Pemilu khususnya dalam pengawasan kampanye di media cetak, elektronik dan internet.

“Peserta pemilu harap memahami seluruh aturan yang ada, terutama aturan berkampanye di media massa, baik media cetak maupun media elektronik serta media sosial dan internet agar tidak terkena pelanggaran dalam berkampanye di media massa.” Terang Nabhan.

Acara launching ini ditandai dengan pemukulan gong secara bergantian oleh Ketua Bawaslu Provinsi DKI Jakarta, Ketua KPU Provinsi DKI Jakarta dan Ketua KPI Provinsi DKI Jakarta. Acara kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan kesepakatan bersama oleh seluruh peserta Pemilu, KPU DKI Jakarta, Bawaslu DKI Jakarta dan KPI DKI Jakarta. (mzb)
File Lampiran :