KONSOLIDASI NASIONAL PARTISIPASI MASYARAKAT, DIVISI SOSIALISASI PUBLIC RELATIONNYA DIVISI LAIN

02-11-2018    15:15:00 Dibaca : 69 x

kpujakarta.go.id - KPU Provinsi DKI Jakarta diwakili oleh Ketua Divisi Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat (Parmas) KPU Provinsi DKI Jakarta, Marlina, hadiri Konsolidasi Nasional (Konsolnas) Partisipasi Masyarakat  yang digelar oleh KPU RI pada 31 Oktober - 2 November 2018 bertempat di Hotel Aruna Senggigi, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB). Acara ini juga dihadiri Divisi Sosialisasi dan Parmas dari KPU Provinsi se-Indonesia.

"Kegiatan Konsolnas Parmas ini harus optimal untuk bisa mengatasi problematika tahapan Pemilu 2019. Sehingga kita mendapatkan solusi-solusi alternatif menghadapi dinamika tahapan dan pelaksanaan sosialisasi pendidikan pemilih”, tutur Komisioner KPU RI Wahyu Setiawan saat membuka Konsolnas Parmas (31/10).

Hari pertama acara Konsolnas parmas, diisi dengan pemaparan materi oleh Kepala Biro Teknis dan Hubungan Partisipasi Masyarakat KPU RI Nur Syarifah (Inung). Menurut Inung, yang perlu diperhatikan dari sosialisasi KPU adalah memberikan pandangan yang luas dan seutuhnya kepada masyaraka. Ibarat  etalase maka yang disampaikan menggambarkan semua hal yang dilaksanakan KPU.

"Jika Divisi Teknis disebut menjadi inti tahapan penyelenggaraan pemilu, Divisi Hukum  yang menyelimuti dalam penanganan sengketa di lembaga pengadilan,  Divisi Sosialisasi ini yang menjadi etalase atau public relation bagi divisi-divisi yang lain,” ujarnya.

Bagi Komisioner KPU Provinsi, kemampuan komunikasi yang baik sangat penting karena mereka akan berhadapan langsung dengan masyarakat dalam rangka sosialisasi penyelenggaraan Pemilu 2018.  Hal itu disampaikan oleh Anto Nugroho, seorang motivator bidang komunikasi pada hari kedua Konsolnas (1/11].

"Komunikasi sangat efektif dalam peningkatan partisipasi masyarakat pada Pemilu 2019" katanya.

Anto juga menjelaskan faktor penentu efektifitas komunikasi salah satunya adalah cara penyampaian pesan.

"Ciptakan kesan anda bukan berbicara kepada mereka tapi berbicara dengan mereka" tandas Anto.

Agenda lain dari konsolnas parmas kali ini adalah melakukan sosialisasi kepada korban gempa Lombok di  posko pengungsian Perduli Gempa Lombok di Kabupaten Lombok Utara (2/11). Selain sosialisasi,  KPU Republik Indonesia beserta KPU Provinsi se-Indonesia juga menyerahkan bantuan bagi warga korban gempa Lombok.

Suasana haru terjadi ketika rombongan mengunjungi kantor KPU Kabupaten Lombok Utara. Para Komisioner serta Sekretariat KPU Lombok Utara harus beraktifitas di dalam tenda darurat karena kantor KPU Lombok Utara runtuh akibat gempa Lombok,  29 Juli 2018 lalu. Beberapa peserta Konsolnas sampai tidak dapat menahan air mata. Ketua Divisi Sosialisasi dan Parmas KPU Provinsi DKi Jakarta, Marlina, menyampaikan keprihatinannya serta memberikan semangat kepada rekan-rekan KPU Lombok Utara. 

"Kami yang memiliki kantor yang terhitung sangat layak kadang masih sering mengeluh dan kurang bersyukur. Kami semua salut kepada teman-teman KPU Lombok yang tetap bekerja secara maksimal walau dengan kondisi yang sangat terbatas. Kami semua mendoakan semoga teman-teman cepat mendapat kantor yang baru" ujar Marlina.
File Lampiran :