Evaluasi Kampanye Pemilu 2019 di DKI Jakarta, Pemasangan APK dan Iklan Kampanye Jadi Sorotan

07-08-2019    18:25:00 Dibaca : 370 x

kpujakarta.go.id(7/8) - Komisi Pemilihan Umum  Provinsi DKI Jakarta menggelar evaluasi kampanye Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019. Acara ini dilaksanakan di Kantor KPU Provinsi DKI Jakarta, Jl Salemba Raya nomor 15 Jakarta Pusat, Rabu (7/8/2019).

Kegiatan tersebut dilakukan untuk mengevaluasi kegiatan kepemiluan, khususnya terkait dengan kampanye yang difasilitasi oleh KPU Provinsi DKI Jakarta kepada peserta Pemilu 2019 di tingkat Provinsi DKI Jakarta. Hasil evaluasi ini akan disampaikan dalam rapat evaluasi Kampanye tingkat Nasional yang akan diselenggarakan oleh KPU RI.

Acara ini dibuka oleh Ketua KPU Provinsi DKI Jakarta Betty Epsilon Idroos. Dalam sambutannya Betty menyampaikan KPU Provinsi DKI Jakarta memberikan fasilitasi Alat Peraga Kampanye (APK), fasilitasi penayangan iklan kampanye, pengaturan jadwal kampanye rapat umum kepada peserta pemilu. Ini menjadi beberapa hal penting yang perlu dievaluasi terkait kampanye Pemilu 2019. “Hasil evaluasi ini nantinya akan kita sampaikan ke KPU RI. Masukan Bapak dan Ibu semua akan kita pertimbangkan dalam membuat regulasi kampanye untuk Pemilu selanjutnya" Ujar Betty.

Pada Pemilu 2019, KPU Provinsi DKI Jakarta memfasilitasi pengadaan APK bagi seluruh peserta pemilu di tingkat provinsi DKI Jakarta. Sementara fasilitasi penayangan iklan kampanye melalui media cetak, TV, Radio, dan online diberikan kepada Calon anggota DPD. 

Evaluasi ini juga mendengarkan paparan dari Ketua Bawaslu Provinsi DKI Jakarta M Jufri, Wakil Ketua KPID Provinsi DKI Jakarta Rizky Wahyuni, dan Kasi ketertiban sarana dan prasarana Satpol PP Provinsi DKI Jakarta Jhon B Saragih. Jufri menjelaskan pelanggaran Pemilu selama masa kampanye yang ditangani Bawaslu Provinsi DKI Jakarta. sementara Rizky Wahyuni memaparkan evaluasi fasilitasi penayangan iklan kampanye bagi Calon Anggota DPD DKI Jakarta, dan Jhon Saragih menyampaikan lokasi yang dilarang dalam pemasangan APK dan upaya PolPP se DKI Jakarta dalam penertiban APK yang melanggar.

Kegiatan Evaluasi ini dihadiri oleh perwakilan Parpol Peserta Pemilu, LO Calon Anggota DPD, LSM kepemiluan, Perwakilan Kesbangpol DKI Jakarta, dan Perweakilan Dinas Kominfotik Provinsi DKI Jakarta. Materi paparan evaluasi kampanye ini dapat di download di http://bit.ly/EVALUASIKAMPANYEKPUDKIJKT



File Lampiran :