Deklarasi Kampanye Damai KPU Jakbar, Doa dan Galang Dana untuk Palu Raih Rp 6 juta Lebih

30-09-2018    17:15:00 Dibaca : 69 x

kpujakarta.go.id. -  KPU Kota Jakarta Barat menggelar Deklarasi Kampanye Damai  bersama para caleg DPR-RI dapil Jakarta III, DPRD dapil Jakarta Barat, caleg DPD dapil DKI Jakarta beserta tim sukses pasangan capres-cawapres. Acara yang digelar di Gedung pertemuan Kantor Wali Kota Jakarta Barat, Sabtu (29/9/18) dihadiri Ketua KPU DKI Jakarta Betty Epsilon Idroos, Bawaslu DKI Jakarta, Kapolres, Dandim, Kepala Kejaksaan Negeri dan WaliKota Jakarta Barat, serta jajaran komisioner KPU Jakarta Barat.

Ketua KPU Kota Jakarta Barat Cucum Sumardi menegaskan, melalui penandatanganan komitmen damai ini, para peserta pemilu dapat bersaing secara sehat dalam menyampaikan visi misinya‎. Menurut dia, perbedaan pilihan adalah hal yang harus dihormati sehingga pesta demokrasi lima tahunan ini bisa berlangsung damai dan tertib. "Beda pilihan itu sunatullah, tapi kita harus ingat bahwa kita ini terikat oleh satu kesamaan yakni satu bangsa Indonesia, terutama Jakarta Barat," kata Cucum.  

Ketua KPU DKI Jakarta Betty Epsilon Idroos menambahkan, bahwa komitmen kampanye damai  merupakan pendidikan politik bagi masyarakat. Betty mengatakan,  kedepan ada 203 hari bagi peserta pemilu, partai politik, tim sukses pasangan calon presiden dan wakil presiden, caleg DPR-RI, Caleg DPRD  dan DPD, untuk menujukan pendidikan politik bagi masyarakat. “Berilah contoh pendidikan politik yang baik bagi masyarakat. Ada 1500 caleg DPRD DKI jakarta, ada 26 Calon DPD, ada 21 Calon DPR-RI, silahkan  memperkenalkan progam yang bauk kepada masyarakat,” tegas Betty.

Deklarasi kampanya damai mengusung tema "Kampanye tanpa hoax dan politisasi SARA untuk menjadikan pemilih berdaulat agar negara kuat.

Terdapat empat poin Ikrar komitmen kampanye damai yang dibacakan. Pertama peserta Pemilu 2019 di wilayah kota Jakarta Barat berjanji mewujudkan pemilu yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil. Kedua siap melaksanakan kampanye pemilu yang damai, aman, tertib, berintegritas tanpa hoax, politisisasi sara dan politik uang. Ketiga siap melaksanakan kampanye berdasarkan undang-undang yang berlaku serta poin keempat saling menghormati hak dan kewajiban masing-masing peserta pemilu di setiap tahapan penyelenggaraan Pemilu 2019. Setelah membacakan ikrar tersebut, perwakilan dari mereka menandatangani nota komitmen untuk kampanye damai.

Dalam kesempatan itu,  sebelum acara deklarasi Cucum Sumardi memimpin doa sekaligus penggalangan dana untuk korban gempa di Palu,  Sulawesi Tengah.  “Alhamdulillah, terkumpul Rp 6.163.000. terima kasih buat teman-teman yang telah menyumbang. Insya Allah, KPU Jakarta barat akan menyalurkan dana tersebut  ke Palu,” pungkas Cucum. (*)

File Lampiran :