Betty : Bimtek Tungra, Pastikan KPU Kabupaten Kota sampai KPPS Paham Aturan Main Pemungutan dan Penghitungan Suara

27-02-2019    08:00:00 Dibaca : 925 x

Kpujakarta.go.id (25/02) KPU Provinsi DKI Jakarta selenggarakan Bimbingan Teknis Pemungutan dan Penghitungan Suara Serta Rekapitulasi Penghitungan Suara Pemilihan Umum Tahun 2019 (Bimtek Tungra dan Rekap). Acara ini dilaksanakan di Hotel Aston Bogor pada tanggal 25 s.d. 27 Februari 2019. Peserta kegiatan terdiri dari Ketua, Anggota, Sekretaris, Kasubag Teknis, dan Kasubag Hukum serta operator Sistem Informasi Penghitungan Suara KPU Kabupaten/Kota se Provinsi DKI Jakarta. Bimtek ini dilaksanakan untuk meningkatkan pengetahuan peserta terhadap peraturan KPU tentang Pemungutan dan Penghitungan Suara dan Peraturan KPU tentang Rekapitulasi Penghitungan Perolehan Suara setelah yang baru saja di terbitkan oleh KPU RI.

Bimtek ini dibuka oleh Ketua KPU Provinsi DKI Jakarta Betty Epsilon Idroos. Dalam sambutannya, Betty mengatakan kegiatan ini sangat penting karena peserta Bimtek ini nantinya akan menjadi narsumber bagi peserta bimbingan teknis yang sama untuk Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Selanjutnya PPK akan memberikan bimtek bagi Panitia Pemungutan Suara (PPS), serta PPS akan melakukan bimbingan teknis bagi Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). “Pada pemilu serentak kali ini terdapat banyak ketentuan baru yang berbeda dengan pemilu sebelumnya. Pastikan semua informasi penting yang didapatkan saat bimtek ini sampai ke semua penyelenggara baik itu PPK, PPS, dan KPPS”ujar Betty.

Bimtek ini dibagi atas lima sesi, yaitu Materi Pemungutan dan Pengitungan Suara di TPS, Materi Rekapitulasi Penghitungan Perolehan Suara, Tata Cara Pengisian Formulir Pemungutan dan Pengitungan Suara, Tata Cara Pengisian Formulir Rekapitulasi Penghitungan Perolehan Suara dan Penggunaan Aplikasi Situng. Materi bimtek tersebut dapat di unduh di https://goo.gl/wg1tJr
File Lampiran :